SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI MA SUBHANAH
Custom Search

Jumat, 07 November 2008

Soal Mid Semester Gasal 2008/2009


X
Petunjuk Pengerjaan
a. Soal yang panjang belum tentu susah!
b. Pahamilah soalnya, memahami soal berarti anda sudah menjawab 50%
c. Perhatikan teks yang bercetak miring (talic)
1. Komputer sekarang bukanlah barang yang mahal. Hampir setiap pelajar memiliki komputer sendri-sendri. Apa sih yang kalian ketahui tentang komputer? Tolong jelaskan!
2. CPU memiliki lubang-lubang kecil yang disebut port. Masing-masing port memliki fungsi sendiri-sendiri. Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis dan fungsi port komputer!
3. Komputer, sebagamana televisi, harus dihidupkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Tolong jelaskan prosedur menghidupkan komputer yang benar sampai ke program Microsof Word aja dech!
4. Ibarat manusia, software adalah nyawa dari sebuah komputer. Coba kalian sebut dan jelaskan empat kelompok software komputer tersebut!
5. Hey Brow! Komputer mesti dijaga agar tidak cepat rusak. Salah satunya adalah dengan mematikannya sesuai dengan prosedur. Sekarang, kalau kamu pintar, tolong jelaskan prosedur mematikan komputer yang benar!
6. Anak kelas VI SD tahu kalau komputer mempunyai CPU. Tapi kalau pengertian dan fungsinya ada yang tahu dan ada yang tidak. Nah! sekarang kalian sudah kelas X MA, apakah fungsi dari CPU? Sebutkan dan jelaskan kepanjangan CPU!
7. Soft itu lembut atau lunak, sedangkan hard itu kasar atau keras. Dalam dunia komputer, soft digunakan untuk merumuskan istilah dari sesuatu yang tidak bisa diraba oleh tangan, dan sebaliknya hard. Sedangkan copy merupakan suatu penggandaan atau memperbanyak yang kaitannya dengan dokumen. Pertanyaannya, jelaskan perbedaan antara softcopy dan hardcopy!
8. Para operator komputer seringnya mengalami pegal-pegal pada bagian lengan dan pergelangan tangannya. Ini disebabkan oleh hardware, terutama keyboard yang tidak memenuhi standar keselamatan kerja. Apa yang kalian ketahui tentang keyboard ergonomis?
9. Ada dua media penyimpanan komputer yang vital, yaitu RAM dan ROM. Tolong, jelaskan perbedaan RAM dan ROM dech!
10. Yang pintar pasti menganggap soal ini yang paling mudah. Sebutkan dan jelaskan media penyimpanan komputer!

 Good Luck aja Dech! 
XI
Petunjuk Pengerjaan
a. Soal yang panjang belum tentu susah!
b. Pahamilah soalnya, memahami soal berarti anda sudah menjawab 50%
c. Perhatikan teks yang bercetak miring (talic)
1. Orang akan merasa percaya diri kalau sudah bisa mengenal Internet. Bagaimana dengan kalian? Ya dach! Apa yang dmaksud dengan Internet?
2. Botak di depan berarti ia seorang folosof, botak di belakang berart ia sorang sejarawan. Jelaskan sejarah singkat perkembangan internet! Semoga kalian tidak botak dech.
3. Suara dan gambar akan disalurkan melalui saluran telpon dengan media kabel. Itulah prinsip komunikasi data dalam Internet dengan menggunakan saluran telpon. Apa yang dimaksud dengan modem?
4. Internal merupakan sesuatu yang ada di dalam sebah benda, sebaliknya eksternal. Tolong, sebutkan perbedaan modem internal dan modem eksternal!
5. Komputer memilik seabrek perangkat, ada perangkat lunak dan perangkat keras. Gini aja, sekarang kalian sebutkan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet!
6. Sebagaimana manusia, kompouter juga bisa saling berkomunikasi dengan sesama komputer. Komputer yang saling berkomunikasi akan membentuk sebuah jaringan. Tolong, jelaskan apa yang dimaksud dengan LAN!
7. Internet tidak bisa dinikmati begitu saja. Ada lembaga yang melayani jasa akses internet. Kalian tahu, apa kepanjangan dari ISP?
8. Agar akses internet tidak menelan biaya yang banyak, seseorang dituntut untuk mengetahui istilah-istilah dalam dunia internet. Coba kalian jelaskan istilah-istilah dalam dunia internet berikut ini!
a. e-mail
b. browsing
c. connect.
 Good Luck aja Dech! 
XII
Petunjuk Pengerjaan
a. Soal yang panjang belum tentu susah!
b. Pahamilah soalnya, memahami soal berarti anda sudah menjawab 50%
c. Perhatikan teks yang bercetak miring (talic)
1. Apa yang kalian ketahui tentang CorelDraw? Jelaskan!
2. Jelaskan manfaat daripada program CorelDraw!
3. Sebutkan software atau program pengolah gambar yang kalian ketahui!
4. Jelaskan keunggulan dari pada CorelDraw!
5. Jelaskan keunggulan dan kelemahan dari Adobe Photoshop!
6. Sebutkan perbedaan grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor!
7. Jelaskan istilah-istilah di bawah ini!
a. Open last edited
b. New graphic
8. Sebutkan dan jelaskan fungsi toolbox yang dimiliki oleh CorelDraw! Minimal 6!

Tidak ada komentar: