SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI MA SUBHANAH
Custom Search

Minggu, 16 November 2008

Makanan sehat dalam Islam


BAB I
PENDAHULUAN

Kesehatan merupakan karunia terbesar yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Tidak heran jika manusia berlomba-lomba untuk mencari kesehatan. Dengan kesehatan yang dimilikinya manusia bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan kehidupannya. Tidak ketinggalan pula, dengan kesehatan yang prima seseorang bisa beribadah secara total kepada Allah SWT. Sebagai misal adalah ibadah Haji yang seratus persen membutuhkan kesehatan fisik, mental juga tentunya tapi tidak sebanyak fisik.
Tidak heran jika dalam dunia pendidikan juga memperhatikan pendidikan jasmani dengan tujuan agar peserta didiknya memiliki jiwa dan raga yang sehat. Di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat, itulah semboyan yang tepat agar peserta didik memperhatikan pentingnya kesehatan.
Pendidikan kesehatan tidak hanya berkisar pada tataran pendidikan fisik, tetapi juga memperhatikan makanan dan kebiasaan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Manusia (selebihnya disebut peserta didik) memerlukan makanan untuk menghasilkan energi, dengan energi peserta didik bisa melakukan aktivitas belajarnya. Apabila makanannya atau bahkan pola makannya tidak sehat maka energi yang didapatkan tidak optimal, sehingga aktivitas menjadi terganggu.
Masyarakat pada umumnya memerlukan tips-tips pola makan yang sehat, sebagaimana di dalam Islam juga telah diatur mengenai pola makan yang ideal, yaitu sepertiga untuk makanan sepertiga lagi untuk minuman dan sepertiga lainnya untuk udara.
Dari keterangan di atas, penulis mencoba mengambil permasalahan. Yang menjadi permasalahan pada makalah ini adalah:
1. Apa tips pola makan dan tidur yang sehat untuk hidup yang sehat?
Selebihnya penulis mengucapkan selamat membaca makalah ini dan semoga ada manfaat yang dapat dipetik dari uraian makalah berikut. Amin ya Robbal ‘Alamin.

BAB II
PEMBAHASAN

Cara terbaik mendorong anak untuk senang memilih makanan sehat adalah menyediakan dan membatasi pilihan jenis yang tidak sehat ketika makan bersama keluarga di rumah. Berikut ini tipsnya :
Sediakan dan selalu tawari anak untuk minum air putih.
Selalu sediakan buah yang siap dimakan dimeja makan atau lemari es. Pilihan buah bisa berupa semangka, nanas, melon, dan papaya yang sudah dipotong-potong, jeruk yang mudah dikupas, pisang, salak, dll.
Pilihkan anak kudapan sehat seperti yoghurt, buah-buahan kering, kacang-kacangan, keju, atau crackers.
Ketika memasak daging, pilih yang bebas lemak. Biasakan juga anak untuk makan telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Jangan biasakan anak makan gorengan yang terlalu berminyak.
Batasi makanan olahan seperti kornet, dendeng, dan makanan lain yang mengalami proses pengawetan. Selalu pilih makanan segar dan alami untuk keluarga anda.
Batasi fast food dan makanan miskin gizi seperti keripik dan permen.
Jangan biasakan anak untuk minum sirop atau minuman bersoda. Sebaliknya, biasakan anak minum jus segar bikinan sendiri.
Selain tips memilih makanan itu, sistem kekebalan tubuh juga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kekebalan tubuh tidak berarti tanpa diikuti dengan pola makan sehat, cukup berolah raga dan terhindarnya senyawa beracun ke dalam tubuh.
Tiap kali ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh diperlukan 10-14 hari untuk membentuk antibodi. Jadi, antibodi merupakan respons terhadap gangguan dari luar, senjata yang dibentuk oleh sekelompok prajurit limfosit B dalam sistem kekebalan. Antibodi tersusun dari protein, disebut juga sebagai immunoglobulin, disingkat Ig, suatu serum protein globulin. Antibodi akan menghancurkan musuh-musuh penyerbu atau disebut juga antigen, seperti bakteri dan virus penyebab penyakit, dengan cara mengikatkan diri pada antigen dan menandai molekul-molekul asing tempat mereka mengikatkan diri. Selanjutnya sel pasukan dapat membedakan dan melumpuhkannya.
Kekebalan tubuh yang lemah akan memudahkan penyakit menjangkiti tubuh, diantaranya kanker. Kanker merupakan penyakit yang mematikan di Indonesia, namun bisa dicegah dengan pola makan sehat agar kekebalan tubuh meningkat.
Selain kanker, jantung masih mendominasi sebagai penyakit mematikan di dunia. Selama ini ada penurunan tingkat kematian akibat jantung, namun itu hanya terjadi di negara-negara maju. Menurut Dr. Aulia Sani, Sp.JP, direktur utama Pusat Jantung Nasional Harapan Kita (PJNHK), penurunan mortalitas akibat PJP di negara maju ini disebabkan kesadaran masyarakat yang sudah diikuti dengan perubahan pola hidup.
Agar terhindar dari PJP kita cukup menghilangkan kebiasaan merokok, stres, kurang olah raga, kencing manis, obesitas, hipertensi serta kelebihan lemak (hiperlipidemia). Kebiasaan yang tidak kalah buruk selain merokok adalah pola makan. Prof.Dr.Ir.Ali Khomsan, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menyoroti bahwa pola makan orang Indonesia mempunyai pengaruh pada PJP. Menurut pengamatan Ali, di daerah di mana penduduknya banyak mengonsumsi ikan seperti Maluku dan Sulawesi Utara angka penderita PJP-nya relatif rendah.
1. Tips pola makan yang sehat utuk hidup yang sehat
1) Sebisa mungkin hindari makanan dengan kandungan lemak (minyak, mentega, margarin, santan) yang tinggi. Kecuali Anda ingin badan menjadi melar dan lemak menggelambir di mana-mana.
2) Hindari bahan pangan atau makanan yang berpengawet. Jika terpaksa membeli bahan pangan di dalam kemasan, pilih bahan pangan yang mencantumkan dengan jelas "TANPA PENGAWET" Ini penting karena perut Anda bukan lumbung awetan.
3) Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami. Banyak orang, terutama anak-anak, selalu memilih makanan yang berwarna karena lebih menarik.
4) Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Jika memungkinkan hindari bahan pangan ini.
5) Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Vitamin, mineral, air, zat fitonutrien, antioksidan dan serat di dalam bahan pangan ini sungguh anugerah yang luar biasa.
6) Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Bahan pangan ini merupakan sumber lemak penyebab obesitas dan ganguan kardiovaskular.
7) Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak di kukus, di rebus atau di tumis dengan sedikit minyak.
8) Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi.
9) Perbanyak jumlah serat dalam makanan sehari-hari.
10) Minimalkan penggunaan lemak jenuh.
11) Variasi makanan.
12) Bahan makanan alami.
13) Makan secukupnya.
14) Makan secara teratur.
2. Tips tidur yang sehat
1) Janaganlah menjadikan fungsi kamar sebagai fungsi lain, misal kamar tidur sekaligus kamar kerja.
2) Hindari ornamen ruang tidur dengan interior berwarna terang atau ramai.
3) Jika belum bisa tidur juga jangan berlama-lama berbaring di atas tempat tidur.
4) Tetapkan waktu tidur yang teratur.
5) Tak usah memaksakan diri jika tak bisa tidur siang.
6) Setelah makan siang hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung caffein atau zat stimulan lainnya.
7) Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga bisa merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur.
8) Hindari juga makan besar dua jam sebelum waktu tidur tiba. Ini akan membuat perut tak enak saat berbaring akibatnya Anda pun susah terlelap.
9) Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam.

BAB III
SIMPULAN

Islam tidak melarang manusia untuk makan, malah Islam memerintahkan untuk makan makanan yang halal lagi baik. Sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an surat al-A’rof ayat 31,
Artinya: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS al-A’rof: 31).
Pada ayat di atas Allah memerintahkan kepada manusia (bani Adam) untuk senantiasa berpakaian dan makan dengan tidak melampaui batas. Maksudnya janganlah melampaui batas yang dibutuhkan oleh tubuh dan jangan pula melampaui batas-batas makanan yang dihalalkan.
Tips pola makan yang sehat sesuai Islam adalah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga yang lainnya untuk bernafas. Sedangkan tips pola makan sehat menurut paraahli adalah sebagai berikut:
1. Perbanyak jumlah serat dalam makanan sehari-hari.
2. Minimalkan penggunaan lemak jenuh.
3. Variasi makanan.
4. Bahan makanan alami.
5. Makan secukupnya.
6. Makan secara teratur
Sedangkan pola tidur yang sehat adalah sebagai berikut:
1. Janaganlah menjadikan fungsi kamar sebagai fungsi lain, misal kamar tidur sekaligus kamar kerja.
2. Hindari ornamen ruang tidur dengan interior berwarna terang atau ramai.
3. Jika belum bisa tidur juga jangan berlama-lama berbaring di atas tempat tidur.
4. Tetapkan waktu tidur yang teratur.
5. Tak usah memaksakan diri jika tak bisa tidur siang.
6. Setelah makan siang hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung caffein atau zat stimulan lainnya.
7. Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga bisa merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur.
8. Hindari juga makan besar dua jam sebelum waktu tidur tiba. Ini akan membuat perut tak enak saat berbaring akibatnya Anda pun susah terlelap.
9. Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam

DAFTAR PUSTAKA

Depag RI Al-Qur’an dan Terjemahnya, 1994, CV Toha Putra Semarang: Semarang.

Redaksi Pola Makan Masyarakat Indonesia picu Penyakit Jantung, (Online), (http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2002/082/kes1.html, diakses pada 6 Maret 2008)

Sone Pola dan Kamar Tidur Yang Sehat, (Online), (http://www.indoforum.org/archive/index.php/t-2379.html, diakses pada 6 Maret 2008).

Tanpa nama Menangkal penyakit dengan pola makan sehat, (Online), (http://www.keluargasehat.com/pola-konsumsiisi.php?news_id=213, diakses pada 6 Maret 2008)

Tanpa nama Tip Pola Makan Untuk Hidup Lebih Sehat, (Online),
(http://budiboga.blogspot.com/2007/05/pola-makan-sehat.html, diakses pada 6 Maret 2008)

Teguh Vedder
Tips Pola Makan Sehat Sejak Kecil, (Online), ( http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1647567-tips-pola-makan-sehat-sejak/, Diakses pada 6 Maret 2008)

Waspodo MSc, Dr Ir Ingrid S Antibodi Senjata yang Selalu Waspada, (Online), (http://www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=140&Itemid=3, Diakses pada 6 Maret 2008)

1 komentar:

SUBHANAH SCHOOL IS THE BEST CHOICE mengatakan...

bagus sekali artikelnya sangat membantu